Cara Mencadangkan Pesan atau Obrolan WhatsApp ke Google Drive
Cara Mencadangkan Pesan atau Obrolan WhatsApp ke Google Drive

Cara Mencadangkan Pesan WhatsApp ke Google Drive

Cara Mencadangkan Pesan WhatsApp VipBerita – Karena intensitas penggunaan WhatsApp yang semakin meningkat, terkadang sebagian orang enggan untuk mengganti ponsel (HP) mereka. Alasannya adalah “WhatsApp akan tersesat atau malas”, meski kini WhatsApp menawarkan banyak alternatif untuk membackup data percakapan.

Jika Anda menggunakan Android, Anda dapat menggunakan Google Drive untuk mencadangkan data Anda. Alasan Menggunakan Google Drive Alasannya adalah karena Google Drive adalah fitur pencadangan berbasis cloud yang tidak biasa digunakan WhatsApp secara default.

Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi lain untuk mencadangkan ponsel Android Anda. Anda hanya perlu menggunakan akun Google Drive Anda.

Menariknya, ketika Anda masuk ke perangkat Android Anda dengan Gmail, akun Drive Anda secara otomatis masuk. Jadi, Anda tidak perlu lagi membuat akun Google Drive khusus.

Jika Anda beralih ke ponsel Android lain dan menggunakan akun yang sama, Google Drive Anda juga akan bermigrasi ke ponsel tersebut. Jadi proses restore backup di hp lama akan lebih mudah di hp baru.

BACA JUGA  Cara Download Gambar Whatsapp Dengan Mudah

Cara backup WhatsApp ke Google Drive hanya tersedia untuk ponsel Android. Pasalnya, iPhone menggunakan iCloud sebagai layanan cloud. Ini berarti Anda tidak dapat mentransfer file cadangan dari Android ke iPhone dan sebaliknya.

Jadi, tanpa basa-basi lagi, berikut ini cara mem-backup chat WhatsApp ke Google Drive.

Secara otomatis mencadangkan pesan WhatsApp ke Google Drive

Sumber: Pixabay

Anda dapat menggunakan Google Drive untuk mencadangkan data WhatsApp Anda secara otomatis. Triknya adalah menentukan seberapa sering data Anda dicadangkan. Pencadangan dapat diatur agar terjadi harian, mingguan, atau bulanan.

Jika Anda memilih Harian, WhatsApp secara otomatis mencadangkan data Anda pada pukul 02:00 setiap hari. Sayangnya, jam cadangan tidak dapat diatur dengan sendirinya.

Kami memilih 2:00 AM karena WhatsApp dianggap sebagai jam yang tidak aktif dan tidak mengganggu penggunaannya.

Cara mengaktifkannya adalah dengan memilih Setting > Chat > ​​Chat Backup > Backup ke Google Drive > “Harian”, “Mingguan” atau “Bulanan” .

Cadangkan data ke Google Drive

Anda juga dapat menggunakan Google Drive untuk mencadangkan semua data di akun WhatsApp Anda. Data berupa percakapan (chatting) atau media dapat disimpan dengan aman di Google Drive.

BACA JUGA  Cara Menambahkan File ke Google Drive dengan Mudah

Jika Anda ingin mengganti telepon nanti, Anda dapat dengan mudah mentransfer semua riwayat percakapan dan data multimedia yang disimpan.

Jadi, untuk melakukan backup data dari WhatsApp ke Google Drive, Anda harus mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu.

Saat diminta, pilih menu Pulihkan. Kemudian secara otomatis mencadangkan data Anda, termasuk obrolan dan dokumen, dari WhatsApp lama Anda atau ponsel lama Anda yang dapat Anda akses kembali.

Langkah-Langkah Pencadangan Data

– Buka aplikasi WhatsApp.

– Menu > Pengaturan > Obrolan > Cadangan Obrolan.

– Pilih Cadangkan untuk segera mencadangkan data Anda.

– Pilih Cadangkan ke Google Drive sehingga Anda dapat memilih untuk mengulangi pencadangan data reguler sesuai kebutuhan.

– Jika Anda belum memiliki Akun Google yang siap digunakan, tambahkan jika perlu.

– Pilih (Data Seluler atau Cadangan melalui Wi-Fi) untuk memilih mencadangkan data menggunakan koneksi Anda.

Mencadangkan data seluler Anda dapat meningkatkan penggunaan kuota Anda. Jika hal ini terjadi, tentunya Anda juga harus bersiap untuk membayar tagihan internet yang lebih mahal.

Namun, memilih untuk mencadangkan melalui Wi-Fi juga dapat membuat pencadangan lebih praktis dan efisien. WhatsApp mencadangkan semua data Anda hanya saat menggunakan koneksi Wi-Fi.

BACA JUGA  Cara Membuat Stiker WhatsApp dengan Mudah

Simpan obrolan ke email

Percakapan antar pengguna WhatsApp juga dapat disimpan dalam format teks. Karena ukurannya yang ringan, arsip obrolan ini juga dapat dikirim melalui email secara langsung.

Sederhana. Cukup buka tab obrolan yang ingin Anda simpan. Klik ikon hamburger (tiga titik) di sudut kanan atas, klik bagian Lainnya, klik Ekspor Obrolan dan pilih Gmail.

Setelah itu, opsi untuk hanya menyertakan arsip dalam format gambar, dokumen, atau teks akan muncul. Untuk opsi yang lebih praktis dan ringan, pilih arsip teks saja.

Pemulihan data cadangan mungkin gagal

Jika WhatsApp tidak dapat mendeteksi cadangan Anda, itu mungkin karena Anda tidak terhubung ke Akun Google yang sama. Anda mungkin tidak menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang Anda gunakan untuk pencadangan.

Jadi, ketika Anda mengganti ponsel atau menginstal ulang WhatsApp, Akun Google atau nomor telepon Anda harus sama agar Anda dapat mengambil dan mengakses kembali pesan atau percakapan lama yang penting.

Tidak ada lagi keraguan, tidak ada kehilangan data penting di WhatsApp dan pilih ponsel impian Anda.