Trading Saham: Metode, Dan Bedanya dengan Investasi
Trading Saham: Metode, Dan Bedanya dengan Investasi

Trading Saham: Metode, Dan Bedanya dengan Investasi

Trading Saham VipBerita – Dulu, hanya orang yang bekerja di lembaga keuangan, pialang, dan perusahaan sekuritas yang bisa trading saham.

Namun, kemajuan teknologi telah membuat perdagangan saham menjadi lebih mudah.

Memiliki aplikasi perdagangan saham dapat menjadi peluang bagi pemula yang ingin membeli dan menjual sekuritas ini.

Mereka yang tertarik dengan pengalaman perdagangan saham dapat membaca lebih lanjut artikel ini untuk memahami apa itu perdagangan saham, cara trading saham, dan perbedaan antara perdagangan saham dan investasi.

Memahami perdagangan saham

Perdagangan saham adalah kegiatan jual beli saham jangka pendek dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang maksimal. Jika Anda membeli atau menjual saham, Anda perlu mempelajari analisis teknis.

Analisis teknikal adalah jenis strategi yang mempelajari pergerakan harga dan volume perdagangan saham harian.

BACA JUGA  Aplikasi Saham yang Terpercaya dan Terbaik 2022

Dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa perdagangan saham merupakan salah satu jenis perdagangan saham dengan mempertimbangkan pergerakan harga saham sehari-hari.

Juga, saham diperdagangkan menggunakan momentum pergerakan harga saham.

Jadi, yang paling penting untuk diketahui jika Anda tertarik dengan perdagangan saham adalah mempelajari pergerakan harga saham. Anda harus menyadari fluktuasi harga saham sehari-hari.

Cara trading saham

Untuk pemula, ada banyak aplikasi yang tersedia saat ini untuk perdagangan saham.

Beberapa aplikasi perdagangan saham tersedia, seperti Magic, IPOT, dan Stockbit. Berikut cara trading saham untuk investor pemula:

Kenali profil risiko Anda

Untuk dapat memperdagangkan saham, Anda perlu menentukan jumlah kerugian yang dapat Anda alami jika profil risiko atau portofolio Anda turun.

BACA JUGA  Trading Emas dengan Modal Kecil, Begini Caranya

Anda tidak hanya akan dapat mengenali pergerakan harga di pasar saham yang sedang berkembang, tetapi Anda akan dapat memulai trading dengan modal kecil terlebih dahulu sebelum meningkatkan modal Anda.

Menentukan periode trading

Langkah selanjutnya adalah memilih periode trading. Ini juga menjadi pertimbangan saham mana yang akan dibeli, dengan mempertimbangkan data historis harga saham.

Memilih sekuritas

Memilih sekuritas yang tepat sangat penting saat melakukan trading saham. Ini karena sekuritas memiliki biaya perantara yang dibebankan setiap kali saham dibeli atau dijual.

Pilih sekuritas dengan biaya transaksi rendah.

Perbedaan Antara Perdagangan Saham dan Investasi

Perbedaan antara perdagangan saham dan investasi adalah yang paling penting dalam hal risiko. Berinvestasi dalam saham cenderung mengurangi risiko yang Anda hadapi.

BACA JUGA  9 Cara Bеrmаіn Saham Bаgі Pеmulа Agаr Tіdаk Rugі

Hal ini dikarenakan investasi saham biasanya dilakukan dengan memilih saham preferen atau memiliki fundamental yang baik. Di sisi lain, saham diperdagangkan dengan membeli saham yang volatil.

Hal lain dalam hal analisis. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, saham diperdagangkan melalui analisis teknikal. Di sisi lain, dalam hal investasi saham, analisis yang dilakukan bersifat fundamental.

Juga, investor ekuitas umumnya cenderung membeli, menahan, atau menahan saham untuk jangka waktu tertentu setiap tahun. Oleh karena itu, tidak terpengaruh oleh fluktuasi saham harian.

Di sisi lain, pedagang saham memiliki prinsip jual beli saham saat mencapai kisaran harga tertentu.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk trading saham?