Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Dengan Mudah
Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Dengan Mudah

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Dengan Mudah

Mengaktifkan Bluetooth di Laptop VipBerita – Sangat mudah untuk melakukan cara mengaktifkan bluetooth di laptop atau PC. Jika berhasil, Anda dapat mengirim file tanpa perlu kabel USB, di sini!

Bahkan Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti SHAREit. Namun tidak perlu ribet, Anda juga bisa mengandalkan koneksi Bluetooth untuk mengirim file dengan kecepatan tinggi.

Nah, kali ini kami akan mengulas lengkap cara mengaktifkan Bluetooth di laptop atau komputer Windows, baik itu Windows 7, 8 atau 10.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak caranya dibawah ini!

Kumpulan cara mengaktifkan bluetooth di laptop dan cara menggunakannya

Koneksi Bluetooth di laptop atau PC tentunya sangat berguna ketika Anda ingin mengirim dan menerima berbagai jenis file, seperti dokumen, musik atau film.

Selain berfungsi untuk mentransfer file dan ponsel ke laptop dan sebaliknya, Bluetooth juga berfungsi untuk menghubungkan perangkat lain seperti headphone, mouse, atau keyboard, lho!

Buat kamu yang belum paham, berikut kami sudah mengulas beberapa langkah lengkap dan cara mengaktifkan bluetooth di Laptop/PC Windows 7, 8 dan 10. Cara ini juga bisa dipraktekkan di laptop semua merk!

Gunakan dongle (perangkat bluetooth di laptop tidak didukung)

Sumber foto: wirelesshack.com

Cara memasang bluetooth di laptop yang tidak memiliki bluetooth membutuhkan penggunaan alat yang disebut USB Bluetooth Dongle.

Lalu apa itu dongle? Dongle adalah sebuah alat yang berbentuk USB flashdisk dimana cara kerjanya hanya disambungkan ke laptop atau PC.

Gadget ini bertindak sebagai antena penerima yang mengirim atau menerima sinyal Bluetooth dari smartphone dan perangkat lain.

Umumnya, dongle Bluetooth dilengkapi dengan software dan driver khusus yang akan terinstal secara otomatis saat Anda menghubungkannya ke laptop atau PC Anda.

BACA JUGA  Begini Cara Mematikan Laptop dengan Benar

Lakukan penginstalan driver Bluetooth

Sumber foto: dolphin-emu.org

Langkah selanjutnya untuk cara install bluetooth pada laptop yang dinonaktifkan adalah dengan menginstal driver bluetooth. Anda mungkin lupa melakukannya sendiri di sini.

Untuk bisa mengaktifkan bluetooth di laptop windows 7, 8 dan 10 semua merk bisa di install terlebih dahulu drivernya.

Ini wajib, karena meskipun laptop Anda mendukung perangkat virtual Bluetooth, masih ada program terpisah yang menjalankannya.

Lalu bagaimana cara mendapatkannya? Driver bluetooth ini biasanya terdapat pada CD/DVD default yang ditemukan saat Anda pertama kali membeli laptop.

Jika belum memilikinya, Anda bisa mendownload drivernya di situs resmi merek laptop atau PC tersebut.

Anda juga dapat menggunakan DriverPack Solution yang berisi sejumlah driver yang dapat Anda unduh melalui tautan di bawah ini.

Aktifkan Bluetooth di laptop melalui Device Manager

Sudahkah Anda menginstal driver Bluetooth, tetapi Anda tidak dapat menggunakannya untuk koneksi apa pun?

Tenang saja, cara mengaktifkan bluetooth di ASUS, Dell, Toshiba dan laptop lainnya bisa Anda lakukan dengan mengakses menu Device Manager di OS Windows.

Untuk panduan cara menyalakan bluetooth di laptop dan komputer melalui menu Device Manager bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

– Pertama kali, di layar desktop utama, cukup tekan kombinasi tombol Windows + X dan pilih menu Device Manager.
Kemudian jendela Device Manager akan terbuka.

– Selanjutnya, klik saja pada menu Bluetooth dan menu drop-down akan ditampilkan.

– Pilih perangkat bluetooth yang Anda gunakan dan kemudian klik kanan. Aktifkan Bluetooth dengan memilih menu aktifkan perangkat untuk memulainya.

– Sedangkan opsi Disable device perangkat akan menonaktifkan fitur bluetooth. Cukup mudah, bukan?

Gunakan kombinasi tombol FN

Sumber foto: techfaqs.net

Tombol FN pada laptop dapat digunakan sebagai tombol pintas keyboard untuk melakukan berbagai fungsi, untuk mengaktifkan dan menonaktifkan, dengan kombinasi tombol.

Mulai dari mengatur kecerahan layar, mengatur volume, termasuk juga mengaktifkan bluetooth di laptop.

Perlu diketahui, tombol apa pun antara F1 hingga F12 memiliki fitur untuk mengaktifkan bluetooth. Anda hanya mencari ikon bluetooth, kok.

BACA JUGA  Menggunakan Instagram di laptop atau PC, Begini Caranya

Misalnya cara mengaktifkan bluetooth pada laptop Acer dengan cara ini adalah dengan menggunakan kombinasi tombol FN+F3. Ini mungkin berbeda, tergantung pada jenis laptop yang Anda gunakan.

Jika Anda melakukan ini, ikon Bluetooth akan muncul di system tray yang menunjukkan bahwa Anda siap menggunakan fitur ini.

Gunakan ikon Bluetooth di System Tray

Sumber foto: Dok. Pribadi

Kemudian ikon bluetooth muncul di system tray, gunakan saja menu ini untuk mengirim dan menerima file.

Atau juga untuk menghubungkan laptop atau PC Anda dengan perangkat lain yang mendukung, misalnya headset bluetooth Anda.

Untuk mempelajari cara menggunakan bluetooth di laptop melalui menu system tray, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Di bilah tugas di bagian bawah jendela Windows, Anda akan pergi ke system tray di sebelah kanan. Ketuk ikon panah atas untuk membuka lebih banyak ikon.

– Jika ada icon Bluetooth, tinggal klik kanan untuk memilih beberapa menu yang bisa Anda lakukan.

– Tambahkan perangkat Bluetooth tentunya untuk menambah koneksi perangkat dan menunjukkan perangkat Bluetooth untuk melihat perangkat mana yang terhubung atau yang telah terhubung sebelumnya.

– Jika Anda ingin mengirim atau menerima file, masuk saja ke opsi untuk mengirim file atau menerima file.

Hubungkan laptop dan komputer ke perangkat lain

Sumber foto: Dok. Pribadi

Jika langkah sebelumnya pun berhasil, maka cara mengaktifkan bluetooth di laptop dan PC berhasil.

Kemudian kami akan memberi tahu Anda cara menambahkan perangkat melalui bluetooth, misalnya ke smartphone Android Anda sehingga Anda dapat mentransfer file satu sama lain nanti.

Untuk melakukan ini, Anda dapat dengan mudah mengikuti langkah-langkah yang diulas oleh kami seperti di bawah ini!

– Pastikan Bluetooth diaktifkan pada perangkat smartphone Android Anda dan pastikan juga dapat dideteksi oleh perangkat lain.

– Kembali ke ikon Bluetooth di system tray Windows, lalu klik kanan dan pilih opsi Tambahkan Perangkat Bluetooth. Tunggu hingga jendela menu pengaturan ditampilkan.

– Di jendela Bluetooth dan perangkat lain, cukup pilih opsi untuk menambahkan Bluetooth atau perangkat lain > Bluetooth.

BACA JUGA  Begini Cara Mematikan Laptop dengan Benar

– Bluetooth di Windows akan secara otomatis memindai perangkat Bluetooth terdekat. Jika perangkat Anda sudah ditampilkan, ketuk opsi agar status koneksi muncul.

– Akan muncul sejumlah kode konfirmasi, di mana Anda harus memastikan bahwa kode yang ditampilkan sama antara laptop dan smartphone Anda. Jika sudah klik connect/pair pada keduanya.

– Setelah itu, perangkat Bluetooth berhasil terhubung dan siap untuk saling mengirim atau mentransfer file.

Mulai mengirim dan menerima file melalui bluetooth di laptop

Terakhir tentunya anda tinggal mencoba mengirim file menggunakan bluetooth di laptop anda. Anda juga dapat melakukan ini sebagai berikut.

– Pastikan perangkat lain telah mengaktifkan Bluetooth dan siap menerima file Anda.

– Buka Windows Explorer dan pilih file yang ingin Anda kirim. Kemudian klik kanan pada file dan pilih opsi Kirim ke > Perangkat Bluetooth.

– Anda akan diarahkan ke jendela transfer file Bluetooth. Kemudian tinggal pilih perangkat yang akan dikirim filenya dan jika sudah klik Next.

– Proses akan berjalan dan Anda hanya perlu menerima transfer file di perangkat lain. Jika transfer berhasil, Anda tinggal klik Finish untuk menutupnya.

Sementara itu, Anda juga bisa menerima file menggunakan Bluetooth di laptop Anda dari perangkat lain, lho. Caranya sangat mudah dan Anda bisa melakukannya sendiri seperti ini.

– Klik kanan pada ikon Bluetooth di system tray dan pilih opsi “Terima File”. Kemudian akan muncul jendela Bluetooth File Transfer dengan status Waiting for connection.

– Di perangkat lain, Anda hanya perlu mengirim file melalui bluetooth ke laptop atau PC Anda.

– Secara otomatis, proses penerimaan file melalui bluetooth akan bekerja di laptop atau PC Anda. Jika prosesnya selesai, Anda hanya perlu memilih direktori penyimpanan dan tekan finish.

Itulah kumpulan cara aktivasi bluetooth di laptop dan PC Windows segala merk yang bisa kamu lakukan dengan mudah.